Jumat, 16 Juli 2010

Info PMI: PMI Berangkatkan Dua Anggota PMR ke Austria dan Swiss

Mendukung partisipasi aktif PMI dalam jaringan internasional, PMI memberangkatkan dua orang anggota Palang Merah Remaja (PMR) ke Austria dan Swiss. Mereka terlibat dalam kegiatan International Study and Friendship Camp dan International Youth Meeting on Humanity and Peace. Acara dijadwalkan berlangsung pada 12-27 juli dan 28 juli-4 Agustus 2010 mendatang.

Mereka yang terpilih untuk diberangkatkan ke sana adalah dua remaja putri berusia 16 tahun, Armaliah Tiara Puspa dari SMA Plus Banyu Asin (Sumatera Selatan) dan Azalia Zatadini dari SMAN 34 Jakarta. Pemberangkatan pertama ke Austria dengan pesawat Lutfansa, Minggu malam (11/7) dari Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta menuju Frankfurt dan dijadwalkan tiba di Vienna pada Senin sore (12/7).

International Study and Friendship Camp 2010 merupakan kegiatan yang ke-55 dan kali ini, digelar oleh Palang Merah Austria di Langenlois, Lower, Austria. Pertemuan bertajuk “Stop & Listen! Various Voices Unite To Speak Up” ini ditargetkan untuk memotivasi para relawan remaja. Berbagai presentasi dan training motivasi akan diberikan kepada para peserta untuk meningkatkan kemampuan perencanaan program-program yang akan datang.

“Selain untuk mengembangkan kapasitas dan memperluas jaringan Palang Merah Remaja (PMR), PMI juga berupaya aktif melakukan update perkembangan terbaru dari berbagai program Youth Center negara-negara lain,” ucap Rina Utami, Kepala Divisi PMR dan Relawan Markas Pusat PMI.

Azalia yang akrab dipanggil Aza, hingga kini aktif sebagai Ketua PMR SMAN 34 Jakarta. Selain itu, ia mencetak prestasi dalam Jumbara PMR DKI Jakarta 2010. Aza meraih Juara I Story Telling dan Harapan II Lomba Halang Rintang PMR. Dalam International Study and Friendship Camp 2010 di Austria, ia membuat target.

“Kepada mereka, saya akan menampilkan pembuatan tandu darurat dalam waktu cepat. Saya juga akan memberitakan kepada mereka bahwa PMR di Indonesia juga aktif mendukung kegiatan Unit Kesehatan Sekolah (UKS),” ucap Aza optimis. Ia yakin, akan mendapatkan banyak wawasan baru dari kegiatan ini.

Pemberangkatan berikutnya menuju Swiss, dijadwalkan tanggal 27 Juli 2010 mendatang. Armaliah Tiara Puspa yang akan berangkat ke sana, mengungkapkan, “Saya akan membahas malah bertema Be An Agent of Change. Bagaimana PMR berperan dan berkontribusi dalam memberikan pengaruh positif dalam perubahan perilaku masyarakat.”

International Youth Meeting on Humanity and Peace 2010, digelar oleh Palang Merah Swiss di Heiden, Swiss. Pertemuan bertema “ You R Humanity” ini akan dihadiri oleh 100 relawan remaja dari 25 negara di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar