Jumat, 16 Juli 2010

Info PMI: Upaya Preventif Butuh Dukungan Bidang Psikologi

Upaya Preventif Butuh Dukungan Bidang Psikologi

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menjadi dosen tamu dalam materi kuliah umum kemanusiaan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Jakarta, Kamis (8/7). Ruang Auditorium Fakultas Psikologi UI pagi tadi, nampak penuh oleh peserta dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa S2 Psikologi UI, para dosen, perwakilan dari Komite Palang Merah Internasional (ICRC), Federasi Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC), serta beberapa tamu undangan dari berbagai LSM dalam dan luar negeri.

“Pemberi materi kali ini, memang yang ditunggu-tunggu banyak orang. Buktinya, hari ini kelas kuliah umum kemanusiaan rupanya penuh dan banyak peminat. Terima kasih atas kesediaan Ketua Umum PMI, Pak Jusuf Kalla. Semoga materi ini bermanfaat untuk kita semua,” ucap Prof. Gumilar Rusliwa Somantri, Rektor Universitas Indonesia dalam pidato sambutannya, Kamis (8/7).

Dalam materi kuliah umum kemanusiaan, Jusuf Kalla banyak berbagi pengalamannya dalam kegiatan kemanusiaan yang telah ia jalani. Mulai dari penanggulangan bencana tsunami di Aceh, gempa Yogya, gempa Sumatera Barat, hingga investigasi kemanusiaan PMI dalam kasus kerusuhan di Koja, Tanjung Priok.

“Perlu adanya dukungan bidang psikologis dalam mengubah cara pandang masyarakat dan pemerintah tentang pentingnya desain bangunan yang anti gempa, supaya jumlah korban manusia dapat dihindari. Dukungan psikologis sangat berperan dalam upaya preventif, pengurangan risiko bencana termasuk didalamnya bencana kemanusiaan atau konflik besar di suatu daerah,” ucap Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam paparan materi kuliah umum kemanusiaan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Jakarta, Kamis (8/7).

Ia memaparkan, bidang psikologi juga dibutuhkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat bisa memahami bahwa sebenarnya bencana dapat diminimalisir. Pada kesempatan ini, Jusuf Kalla juga mengajak masyarakat dan para mahasiswa untuk terlibat didalamnya.

“Mari kita bersama-sama dengan PMI, menjadi relawan kemanusiaan untuk bersama-sama lakukan pengurangan risiko bencana di Indonesia,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Pengurus Pusat PMI Bidang Relawan, Muhammad Muas, juga menjadi pemberi materi seminar bertajuk “Relawan Penanggulangan Bencana Menggerakkan Kepedulian Bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar